22 Flora Pengusir Nyamuk – Opsi Alami Singkirkan Nyamuk!


Tanaman Pengusir Nyamuk – Siapa yang kesal dengan nyamuk, gigitan serta dengungan bunyi serangga ini sungguh mengganggu insan. Selain itu, nyamuk juga memiliki peluang menenteng penyakit berbahaya, mirip demam berdarah dan penyakit malaria.





Oleh alasannya adalah itu, aneka macam upaya dilaksanakan untuk mengusir dan membasmi nyamuk. Beberapa cara yang dijalankan yaitu menggunakan aroma anyir-wangian tertentu, lotion atau bahkan menanam tumbuhan pengusir nyamuk.





Perlu kita pahami, ada banyak jenis tumbuhan yang dipercaya mampu menghalau nyamuk. Beberapa flora tersebut mempunyai kandungan alami yang menimbulkan nyamuk tidak inginmendekat. Salah satunya adalah lewat aroma bunga yang lazimnya disukai insan, tetapi justru tidak digemari oleh nyamuk.






22 Tanaman Pengusir Nyamuk





Setiap tanaman memiliki keistimewaannya masing-masing, tergantung jenis apa yang tepat ditanam di lingkungan rumah kita. Menanam flora pengusir nyamuk jauh lebih efektif untuk mengusir nyamuk alasannya adalah kita hanya perlu menanamnya di halaman rumah atau di pot semoga mampu diposisikan di dalam ruangan.





nyamuk




Bahkan, flora pengusir nyamuk juga bisa dioleskan ke bab badan dengan mengambil satu bagian tanaman kemudian menggosoknya pada kulit. Menariknya, tumbuhan yang berfaedah untuk mengusir nyamuk juga mempunyai bentuk bagus, sehingga tanaman ini bisa sekaligus dijadikan tanaman hias.





Lantas apa saja jenis tanaman yang efektif untuk menghalau nyamuk? Berikut yaitu pilihan flora yang bisa kita gunakan.





1. Bunga Lavender





Lavender ialah salah satu flora berbunga yang efektif menghalau nyamuk. Lavender juga menjadi materi baku lotion pengusir nyamuk. Meski tumbuhan sanggup menghalau nyamuk, tetapi aroma yang dihasilkan bunga lavender sungguh amis dan segar sehingga manusia suka dengan aromanya.





lavender




Lali, mengapa lavender mampu mengusir nyamuk? Secara ilmiah, hal dikarenakan lavender mengandung zat lynalyl asetat dan linalool yang tidak diminati nyamuk. Tumbuhan lavender mudah ditanam di pot maupun dihalaman rumah.





2. Bunga Geranium





Bunga Geranium juga dipercaya ampuh menghalau nyamuk. Tanaman ini mengandung zat sitronelol dan geraniol yang efektif menciptakan nyamuk tidak mendekat.





bunga geranium




Menariknya, geranium juga memiliki bunga yang sangat cantik dengan warna yang cerah sehingga cocok dijadikan tanaman hias yang diletakkan di sudut ruangan atau di gantung di sekeliling rumah. Tanaman ini juga gampang ditanam, baik di dalam pot maupun di luar ruangan.





3. Tanaman Pennyroyal





Pennyoral adalah tumbuhan yang sering dijadikan flora hias. Namun disamping itu, flora ini juga memiliki manfaat selaku pengusir nyamuk.





Pennyroyal




Tanaman pennyroyal sangat cocok ditanam di area pekarangan rumah, dengan begitu nyamuk enggan masuk ke lingkungan rumah kita. Menariknya, lingkungan rumah yang ditanami pennyroyal akan nampak bersih dan terhindar dari banyak sekali jenis serangga pengganggu.





4. Tumbuhan Akar Kucing





Sebenarnya, flora akar kucing lebih populer menyebabkan tingkah reaktif kucing dibandingkan untuk menghalau nyamuk. Namun ternyata tumbuhan ini juga bermanfaat sebagai pengusir nyamuk.





Tanaman Akar Kucing




Kita hanya perlu menanam tumbuhan ini di pekarangan rumah. Akar kucing secara alami akan mengeluarkan aroma khas yang tidak disenangi nyamuk sehingga rumah kita akan terbebas dari nyamuk.





5. Lemon Balm





Lemon balm adalah tumbuhan liar yang kadang kala berkembang liar disekitar lingkungan kita. Tanaman lemon balm mengandung senyawa sitronelal dan menghasilkan aroma segar yang tidak digemari oleh nyamuk.





Lemon Balm




Lemon balm ialah tanaman rambat yang mudah dan cepat tumbuh. Tanaman ini cocok ditanam di dinding pagar atau rumah bab depan.





6. Bunga Krisan





Bunga krisan merupakan tumbuhan hias yang bagus dengan bunga berwarna putih dan merah muda. Tanaman ini menciptakan aroma wangi yang digemari insan tetapi dibenci oleh nyamuk.





gambar bunga krisan




Tidak hanya sebagai tumbuhan hias dan pengusir nyamuk, bunga krisan juga punya manfaat lain, ialah mampu diseduh menjadi teh herbal. Teh herbal bunga krisan sangat berfaedah bagi kesehatan badan insan.





7. Tanaman Selasih





Daun selasih dikenal oleh penduduk selaku flora obat herbal. Selain itu, manfaat lain dari flora ini adalah dapat mengusir nyamuk alasannya aroma khas yang dikeluarkannya.





pohon selasih




Untuk menanam flora ini caranya juga cukup mudah, kita cuma perlu menanam bibit selasih di tanah yang subur dan melaksanakan penyiraman seperlunya.





8. Bunga Marigold





Bunga Marigold ialah salah satu tumbuhan yang bisa ditanam untuk flora hias sekaligus sebagai tumbuhan pengusir nyamuk. Banyak pecinta tanaman hias memilih bunga ini untuk menghiaspekarangan rumah.





Bunga Marigold




Bunga Marigold tampil dengan warna bunga cerah. Bunganya mengandung zat pyrethrum yang tidak disenangi nyaris semua serangga tergolong nyamuk.





9. Bunga Kamboja





Meski tumbuhan kamboja diketahui selaku bunga keramat, namun untuk menghalau nyamuk, flora ini dapat dijadikan pilihan. Bunga kamboja gampang ditanam dan dapat berbunga sepanjang tahun.





tanaman kamboja




Bunga kamboja menghasilkan senyawa geraniol dan minyak atsiri yang menciptakan nyamuk enggan mendekatinya.





10. Rosemary





Bunga Rosemary adalah tanaman hias manis dengan warna ungu yang indah. Selain menjadi tanaman hias, bunga rosemary juga efektif mengusir nyamuk.





Rosemary




Alasan yang membuat bunga ini dibenci oleh nyamuk yaitu aromanya yang khas. Tumbuhan ini menjadi opsi tepat bagi kita yang ingin menghalau nyamuk sekaligus menanam flora hias.





Selain gampang ditanam, bunga rosemary juga tidak perlu perawatan khusus, bahkan rosemary bisa bertahan dari paparan sinar matahari secara pribadi.





11. Tanaman Zodia





Tanaman zodia ialah salah satu tumbuhan yang sungguh efektif mengusir nyamuk. Tumbuhan ini berasal dari Papua. Selain ampuh menciptakan nyamuk pergi, tumbuhan ini juga manis untuk dijadikan tumbuhan hias indoor. Aroma khas daun zodia yang segar sungguh disukai insan tetapi dibenci oleh nyamuk.





Tanaman Zodia




Perawatan zodia terbilang mudah dan sederhana. Tanaman ini bisa berkembang subur dengan pencahayaan sinar matahari yang cukup dan penyiraman yang tidak terlalu sering. Tanaman zodia sampaumur dapat tumbuh mencapai ketinggian 70 cm sehingga sangat cocok ditaruh di dalam ruangan.





12. Bawang Putih





Siapa yang tidak kenal tanaman ini, bawang putih yaitu salah satu bahan yang sering digunakan dikala mengolah masakan biar cita rasa makanan makin enak. Namun selain untuk bahan kuliner, bawang putih juga bisa dijadikan bahan pengusir nyamuk.





bawah putih




Caranya cukup mudah, cukup letakkan bawang putih yang sudah dikupas pada ventilasi atau di depan pintu rumah. Letakkan bawang putih tersebut di titik-titik sirkulasi udara ruangan. Aroma khas bawang putih akan menciptakan nyamuk enggan memasuki rumah kita.





Namun jikalau kita juga kurang suka dengan aroma bawang putih, kita mampu tambahkan essential oil, lilin aroma terapi atau pengharum ruangan untuk menghilangkan.





13. Serai Wangi





Tahukah bila ternyata serai juga bermanfaat efektif mengusir nyamuk? Serai amis atau Cymbopogon Nardus ini bisa menghalau nyamuk melalui ekstraknya yang dioleskan ke kulit sebagai lotion atau mengambilnya melalui teknik penyulingan.





serai




Akan tetapi, tingkat ketahanan ekstrak minyak serai amis cuma bisa bertahan sekitar 2 jam. Hal ini dikarenakan ekstrak minyak ini mudah menguap sehingga setiap dua jam sekali kita wajib mengoleskannya semoga tidak tergigit nyamuk.





14. Neem Leaves





Neem leaves yakni flora yang berasal dari India. Tumbuhan ini tidak hanya efektif mengusir nyamuk, melainkan mampu menghalau serangga lain yang menjadi hama di sekeliling rumah.





neem leaves




Caranya, rebus neem leaves dan ambil air rebusan tersebut sehabis acuh taacuh. Air tersebut mengandung ekstrak dan mampu dijadikan cairan insektisida yang kondusif bagi insan dan hewan lain selain nyamuk.





15. Papermint





Papermint yaitu jenis flora yang efektif dalam menghalau nyamuk. Tumbuhan ini sangat sesuai ditanam di daerah dataran tinggi. Aroma papermint sungguh segar, tetapi nyamuk tidak menggemari aroma ini sehingga tidak akan mendekatinya.





peppermint




Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat selaku obat herbal untuk menghilangkan rasa sakit dan luka bekas gigitan serangga. Caranya ialah dengan menumbuk bergairah daun papermint dan balurkan ke kulit.





16. Kemangi





Kemangi yaitu jenis daun-daunan yang umum dipakai untuk lalapan . Namun ternyata selain untuk lalapan, tumbuhan ini juga berfungsi selaku pembasmi hama seperti nyamuk dan serangga.





Kemangi




Hal ini dikarenakan kemangi menciptakan aroma menyengat yang membuat serangga tidak tahan disekitarnya. Untuk merawat tumbuhan ini, kita mesti menjaga kelembabannya, menciptakan drainase yang baik, serta menanamnya ditempat cukup sinar matahari.





17. Daun Sage





Sage yakni tumbuhan hias yang juga memiliki kegunaan dalam menghalau nyamuk. Untuk mendapatkan manfaatnya caranya cukup mudah, yaitu ambil beberapa daun tanaman sage kemudian mengeringkannya. Setelah itu, kita bisa mengolahnya menjadi semprotan serangga da sangat efektif untuk mengusir nyamuk.





tanaman sage




18. Kecombrang





Tumbuhan ini diketahui baik oleh penduduk Indonesia sebagai gabungan bumbu masakan alasannya adalah rasanya yang yummy. Namun, selain dijadikan materi makanan, tanaman kecombrang juga bisa digunakan selaku pengusir nyamuk. Aroma asam dari tumbuhan ini sungguh tidak disukai oleh nyamuk.





bunga kecombrang




19. Pohon Kayu Putih





Kayu putih ialah tumbuhan pohon yang mengeluarkan aroma khas dan menenangkan. Tanaman ini dinilai bisa menghalau nyamuk secara efektif.





pohon kayu putih




Kayu putih bisa kita tanam di pot dan letakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Manfaat tanaman ini mampu kita rasakan seharian penuh untuk menangkal nyamuk lewat aromanya yang khas.





20. Cengkeh





Cengkeh yang diketahui selaku bumbu rempah ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk dan obat herbal. Tanaman ini mempunyai tangkai bunga yang kering dan mengeluarkan aroma harum.





pohon cengkeh




Aroma harum ini ternyata tidak digemari oleh nyamuk. Oleh alasannya tu, dengan menanam tanaman ini maka lingkungan rumah kita akan terbebas dari nyamuk.





21. Tanaman Suren





Suren atau surian merupakan tanaman pengusir nyamuk yang tak kalah berfaedah. Tanaman ini termasuk dalam tumbuhan tahunan. Bentuknya menyerupai pohon dan pertumbuhannya terbilang cepat.





Tanaman Suren




Daun dari tumbuhan surian mengeluarkan aroma yang cukup tajam dan pada umumnya digunakan sebagai tumbuhan pengusir serangga tergolong nyamuk. Selain itu, kulit batangnya juga mampu dimanfaatkan selaku materi mentah insektisida nabati. Namun hal ini tidak begitu diusulkan karena mampu mengganggu kemajuan tanaman.





22. Mintrosa of Lady Diana





Mintrosa of Lady Diana atau berjulukan latin Pelargonium Graveolens adalah tumbuhan yang berasal dari Belanda. Sejak zaman dulu, flora ini dikenal ampuh menghalau nyamuk.





Mintrosa of Lady Diana




Manfaat ini diperoleh dari aroma khas yang dihasilkannya.Akan tetapi, untuk mendapatkan tanaman ini masih cukup susah di Indonesia.


Comments

Popular posts from this blog

10 Jenis Ular Kobra Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

Suaka Margasatwa, Karakteristik & Daftar Di Seluruh Indonesia

Pemahaman Biopori – Penemu, Faedah Dan Cara Pengerjaan